Resume Tugas Media Komunikasi Publik (Komunikasi Massa)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Meski kuliah dibidang transportasi, jurusan DIV Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan terdapat mata kuliah media komunikasi publik. Dalam materi kuliah tersebut, kita diajarkan tentang komunikasi publik maupun komunikasi massa dengan berbagai media dengan tujuan untuk mempermudah dan menunjang kita dalam proses sosialisasi keselamatan transportasi.

Berikut ini adalah resume tugas media komunikasi publik pertemuan terakhir pada semester 4 jurusan DIV MKTJ :


1.     
          Apa yang dimaksud dengan komunikasi masa ?
Komunikasi massa adalah pesan yang ditujukan kepada masyarakat umum yang dikomunikasikan melalui media massa. Dalam komunikasi massa, ketika komunikator tidak bertatap muka secara langsung dengan komunikannya, umpan balik menjadi sulit diperoleh langsung, ada penundaan respon dari informasi yang disampaikan.
Komunikasi massa juga dapat diartikan sebagai proses dimana organisasi media memproduksi dan menyebarkan pesan kepada public secara luas. Disisi lain komunikasi massa juga diartikan sebagai proses
komunikasi dimana, pesan dari media dicari, digunakan dan dikonsumsi oleh audiens.
Berikut adalah salah satu contoh perbandingan antara komunikasi media massa dengan interpersonal :
Karakteristik
Media massa
Interpersonal
Arus pesan
one way
Interactive
Konteks komunikasi
interposed
Face to face
Jumlah feedback
rendah
Tinggi
Kemampuan mengatasi proses seleksi
Rendah
Tinggi
Kecepatan dalam mencapai audience yang luas
tinggi
Rendah
Efek (possible effect)
Perubahan pengetahuan
Perubahan sikap dan perilaku




2.       Apa saja unsur-unsur dalam komunikasi massa ?
Berikut ini adalah unsur-unsur dalam komunikasi massa :
1.       Who = Siapa = Komunikator = Lembaga, organisasi, instituzionalized person
Unsur pertama yaitu si pengirim pesan atau yang biasa kita sebut komunikator.
2.       Says what = Publicy, rapid, transient
Unsur kedua yaitu informasi atau yang biasa kita sebut sumber yang di utarakan pengirim kepada penerima.
3.       Which Channel = saluran
Unsur ketiga yaitu media atau saluran. Dalam media massa ini tedapat 2 tipe media yaitu cetak dan elektronik.
4.       To whom = Untuk siapa = Komunikan
Unsur yang ke empat yaitu pihak penerima informasi atau berita.
5.       With what effect = Respon audience, delayed
Unsur yang terakhir yaitu dampak atau feed back dari informasi tersebut.

3.       Apa fungsi dari komunikasi massa ?
Berikut adalah beberapa fungsi dari komunikasi massa :
1.       Informasi
Menyampaikan Informasi à fakta kepada khalayak umum
Dengan unsur 5 W + 1 H
2.       Hiburan
Merupakan fungsi komunikasi massa dengan prosentase paling tinggi
Contohnya dengan adanya TV, Radio, bahkan Internet
Kodrat TV à menghibur
Tercermin dalam jam prime time
Sajian koran hari Minggu
3.       Persuasi
Tulisan, tayangan acara, iklan punya persuasi
Tujuan:
Ø  Memperkuat sikap, kepercayaan, nilai
Ø  Mengubah, sikap, kepercayaan, nilai
Ø  Menggerakkan untuk melakukan sesuatu
Ø  Mengenalkan etika, atau menawarkan sistem nilai tertentu

4.       Transmisi budaya
Paling luas, tapi sedikit dibicarakan
Dua tingkatan:
z  Kontemporer  (media memperkuat konsensus nilai masyarakat, dengan selalu memperkenalkan bibit perubahan secara terus-menerus) à Televisi
z  Historis (umat manusia telah dapat  melewati atau menambahkan pengalaman baru dari sekarang untuk membimbingnya ke masa depan)

5.       Mendukung kohesi sosial
Kohesi=penyatuan  (mendorong masyarakat untuk bersatu)
Cover both sides
Membuka peluang disintegrasi

6.       Pengawasan
Peringatan
Instrumental (penyebaran informasi yang berguna. Ex. daily need)

7.       Korelasi
Menghubungkan antar komponen di masyarakat à iklan, berita
Interpretasi pesan (Wright)à tajuk rencana
Fungsi Tajuk  Rencana:
Ö Menjelaskan berita
Ö Mengisi latar belakang (mengkaitkan dengan fakta sosial lain)
Ö Meramalkan masa depan
Ö Meneruskan suatu penilaian moral (mencerminkan hati nurani rakyat)

8.       Pewarisan sosial
Media = pendidik
Meneruskan atau mewariskan suatu ilmu pengetahuan, nilai, norma, pranata, etika dari satu generasi ke generasi selanjutnya

9.       Melawan kekuasaan dan kekuatan represif
Dimana pun dan kapan pun pemerintah berusaha agar kekuasaannya tidak diganggu.
Media massa harus melakukan kontrol sosial pada pemerintah.
Peringatan pemerintah sampai pencabutan surat izin, bukti bahwa media melakukan perlawanan.

10.   Menggugat hubungan trikotomi
Hubungan 3 pihak yang susah untuk ditemukan (media massa, pemerintah, masyarakat).
Trikotomi dari waktu ke waktu akan selalu berubah. Lihat hubungan trikotomi dalam buku Pengantar Komunikasi Massa, 2009 hal 93.


4.       Apa yang dimaksud dengan pers ?
Pers adalah badan yang membuat penerbitan suatu media massa secara berkala. Secara etimologis, kata Pers (Belanda), atau Press (inggris), atau presse (prancis), berasal dari bahasa latin, perssare dari kata premere, yang berarti “Tekan” atau “Cetak”, definisi terminologisnya adalah “media massa cetak” atau “media cetak.  
5.       Apa yang dimaksud dengan surat kabar ?
Media informasi yang disampaikan dengan tulisan-tulisan atau di cetak yang berupa fakta atau opini yang ditujukan kepada khalayak umum. Adapun kelebihan dan kekurangan surat kabar yang saya dapatkan dari materi Bu Tri Susila Hidayati :
Kelebihan :
1.       Biasanya relatif tidak mahal.
2.       Fleksibel
(lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan).
3.       Dapat dinikmati lebih lama.
4.       Market coverage ; surat kabar mampu menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan wilayahnya
5.       Comparison shooping ; surat kabar sering digunakan sebagai bahan acuan atau referensi konsumen dalam membeli barang atau jasa.
6.       Positive consumer attitude ; aktualitas informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai acuan pembaca.

Kekurangan :
1.       Mudah diabaikan.
2.       Cepat basi.
3.       Short life span ; meski jangkauannya luas dan massal serta dapat didokumentasikan, pembaca surat kabar hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit hingga 30 menit untuk membacanya serta umumnya hanya sekali saja membacanya. Selain itu usia informasinya hanya 24 jam setelah itu sudah dianggap basi.
4.       Clutter ; Jika isi dan tata letaknya kacau akan mempengaruhi pemaknaan dan pemahaman isi pesan iklan oleh pembacanya.
5.       Limited coverage of certains group ; beberapa kelompok tertentu tidak bisa dijangkau oleh surat kabar, misal kelompok masyarakat menengah ke bawah atau masyarakat usia di bawah 15 tahun.
6.       Products that don’t fit ; beberapa produk tidak dapat diiklankan dengan menggunakan surat kabar karena memerlukan demonstrasi atau memerlukan pertimbangan tertentu.
7.       Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap

6.       Apa yang dimaksud dengan berita ?
Berita adalah suatu informasi yang disajikan dengan media cetak atau media massa elektronik yang sedang terjadi dari mulut ke mulut atau kepada pihak ketiga atau orang banyak.

7.       Jelaskan mengenai jenis media komunikasi berserta kelebihan dan kekurangannya !
Menurut jenisnya media komunikasi dibagi menjadi 3, yaitu :
1.       Audio = media komunikasi massa yang disampaikan melalui suara. Contoh : radio, telephone,dll.
Kelebihan : meski berbeda tempat dan waktu, informasi juga bisa disampaikan,harga murah, dapat menanamkna konsep yang benar, keinginan, dan minat baru.
Kekurangan : mudah lupa dan bingung ketika disampaikan dengan cepat atau sekilas, tidak adanya visual.
2.       Visual = media komunikasi massa yang disampaikan melalui tayangan atau media cetak. Contoh  : koran, majalah,gambar, spanduk,dll.
Kelebihan : dapat diterima oleh komunikan yang mengalami cacat (tuli), informasi dapat diterima dengan mudah dan gampang dipahami.
Kekurangan : lambat, kurang praktis, tidak adanya audio, biaya produksi cukup mahal.
3.       Audio visual = media komunikasi massa yang disampaikan melalui suara dan tayangan. Contoh : Televisi, internet, dll.
Kelebihan : dapat menarik perhatian lebih, menarik, terdapat audio dan visual, informasi mudah disampaikan, mudah dalam menyampaikan informasi, praktis, efektif dan efisien.
Kekurangan : mahal, jika terlalu cepat maka audien akan bingung, biaya mahal dan alat-alat pendukung juga mahal, fasilitas yang dibutuhkan untuk menyampaikan informasi harus memadai dan lengkap.
 

Comments

Popular Posts