Resume Tugas Media Komunikasi Publik (Komunikasi Massa)
Assalamualaikum Wr. Wb.
Meski kuliah dibidang transportasi, jurusan DIV Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan terdapat mata kuliah media komunikasi publik. Dalam materi kuliah tersebut, kita diajarkan tentang komunikasi publik maupun komunikasi massa dengan berbagai media dengan tujuan untuk mempermudah dan menunjang kita dalam proses sosialisasi keselamatan transportasi.
Berikut ini adalah resume tugas media komunikasi publik pertemuan terakhir pada semester 4 jurusan DIV MKTJ :
Meski kuliah dibidang transportasi, jurusan DIV Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan terdapat mata kuliah media komunikasi publik. Dalam materi kuliah tersebut, kita diajarkan tentang komunikasi publik maupun komunikasi massa dengan berbagai media dengan tujuan untuk mempermudah dan menunjang kita dalam proses sosialisasi keselamatan transportasi.
Berikut ini adalah resume tugas media komunikasi publik pertemuan terakhir pada semester 4 jurusan DIV MKTJ :
1.
Apa yang dimaksud dengan komunikasi masa ?
Komunikasi massa adalah
pesan yang ditujukan kepada masyarakat umum yang dikomunikasikan melalui media
massa. Dalam komunikasi massa,
ketika komunikator tidak bertatap muka secara langsung dengan komunikannya, umpan
balik menjadi sulit diperoleh langsung, ada penundaan respon dari
informasi yang disampaikan.
Komunikasi massa
juga dapat diartikan sebagai proses
dimana organisasi media memproduksi dan menyebarkan pesan kepada public secara
luas. Disisi lain komunikasi massa juga diartikan sebagai proses
komunikasi dimana, pesan dari media dicari, digunakan dan dikonsumsi oleh audiens.
Berikut adalah salah satu contoh
perbandingan antara komunikasi media massa dengan interpersonal :
Karakteristik
|
Media massa
|
Interpersonal
|
Arus pesan
|
one way
|
Interactive
|
Konteks komunikasi
|
interposed
|
Face to face
|
Jumlah feedback
|
rendah
|
Tinggi
|
Kemampuan mengatasi proses seleksi
|
Rendah
|
Tinggi
|
Kecepatan dalam mencapai audience yang luas
|
tinggi
|
Rendah
|
Efek (possible effect)
|
Perubahan pengetahuan
|
Perubahan sikap dan perilaku
|
2.
Apa saja unsur-unsur dalam komunikasi massa ?
Berikut ini adalah unsur-unsur dalam
komunikasi massa :
1.
Who = Siapa = Komunikator
= Lembaga, organisasi, instituzionalized
person
Unsur pertama yaitu si pengirim pesan atau yang biasa kita sebut
komunikator.
2.
Says what =
Publicy, rapid, transient
Unsur kedua yaitu informasi atau yang biasa kita sebut sumber yang di
utarakan pengirim kepada penerima.
3.
Which Channel =
saluran
Unsur ketiga yaitu media atau saluran. Dalam media massa ini tedapat 2
tipe media yaitu cetak dan elektronik.
4.
To whom = Untuk
siapa = Komunikan
Unsur yang ke empat yaitu pihak penerima informasi atau berita.
5.
With what effect =
Respon audience, delayed
Unsur yang terakhir yaitu dampak atau feed back dari informasi tersebut.
3.
Apa fungsi dari komunikasi massa ?
Berikut adalah beberapa fungsi dari
komunikasi massa :
1.
Informasi
Menyampaikan Informasi à fakta kepada khalayak umum
Dengan unsur 5 W + 1 H
2.
Hiburan
Merupakan fungsi komunikasi massa dengan prosentase paling tinggi
Merupakan fungsi komunikasi massa dengan prosentase paling tinggi
Contohnya dengan adanya TV, Radio, bahkan Internet
Kodrat TV à menghibur
Kodrat TV à menghibur
Tercermin dalam jam
prime time
Sajian koran hari Minggu
3.
Persuasi
Tulisan, tayangan acara,
iklan punya persuasi
Tujuan:
Ø Memperkuat sikap, kepercayaan, nilai
Ø Mengubah, sikap, kepercayaan, nilai
Ø Menggerakkan untuk melakukan sesuatu
Ø Mengenalkan etika, atau menawarkan
sistem nilai tertentu
4.
Transmisi budaya
Paling luas, tapi
sedikit dibicarakan
Dua tingkatan:
Dua tingkatan:
z
Kontemporer (media memperkuat konsensus nilai masyarakat, dengan selalu
memperkenalkan bibit perubahan secara terus-menerus) à Televisi
z
Historis
(umat manusia telah
dapat melewati atau menambahkan
pengalaman baru dari sekarang untuk membimbingnya ke masa depan)
5.
Mendukung kohesi sosial
Kohesi=penyatuan (mendorong masyarakat untuk bersatu)
Cover both sides
Membuka peluang
disintegrasi
6.
Pengawasan
Peringatan
Instrumental (penyebaran
informasi yang berguna. Ex. daily need)
7.
Korelasi
Menghubungkan antar
komponen di masyarakat à iklan, berita
Interpretasi pesan
(Wright)à
tajuk rencana
Fungsi Tajuk Rencana:
Ö Menjelaskan berita
Ö Mengisi latar belakang (mengkaitkan
dengan fakta sosial lain)
Ö
Meramalkan
masa depan
Ö
Meneruskan
suatu penilaian moral (mencerminkan hati nurani rakyat)
8.
Pewarisan sosial
Media = pendidik
Meneruskan atau
mewariskan suatu ilmu pengetahuan, nilai, norma, pranata, etika dari satu
generasi ke generasi selanjutnya
9.
Melawan kekuasaan dan
kekuatan represif
Dimana pun dan kapan pun
pemerintah berusaha agar kekuasaannya tidak diganggu.
Media massa harus
melakukan kontrol sosial pada pemerintah.
Peringatan pemerintah
sampai pencabutan surat izin, bukti bahwa media melakukan perlawanan.
10.
Menggugat hubungan
trikotomi
Hubungan 3 pihak yang
susah untuk ditemukan (media massa, pemerintah, masyarakat).
Trikotomi dari waktu ke
waktu akan selalu berubah. Lihat hubungan trikotomi dalam buku Pengantar
Komunikasi Massa, 2009 hal 93.
Sumber : www.nurudin-umm.blogspot.com
4.
Apa yang dimaksud dengan pers ?
Pers adalah badan yang membuat penerbitan
suatu media massa secara berkala. Secara etimologis, kata Pers
(Belanda), atau Press (inggris), atau presse (prancis), berasal
dari bahasa latin, perssare dari kata premere, yang berarti
“Tekan” atau “Cetak”, definisi terminologisnya adalah “media massa cetak” atau
“media cetak.
5.
Apa yang dimaksud dengan surat kabar ?
Media informasi yang disampaikan dengan tulisan-tulisan atau di cetak yang berupa fakta atau opini yang ditujukan kepada khalayak umum. Adapun kelebihan dan kekurangan surat kabar yang saya dapatkan dari materi Bu Tri Susila Hidayati :
Media informasi yang disampaikan dengan tulisan-tulisan atau di cetak yang berupa fakta atau opini yang ditujukan kepada khalayak umum. Adapun kelebihan dan kekurangan surat kabar yang saya dapatkan dari materi Bu Tri Susila Hidayati :
Kelebihan :
1.
Biasanya
relatif tidak mahal.
2.
Fleksibel
(lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan).
(lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan).
3.
Dapat
dinikmati lebih lama.
4.
Market
coverage ; surat kabar mampu menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan
wilayahnya
5.
Comparison
shooping ; surat kabar sering digunakan sebagai bahan acuan atau referensi
konsumen dalam membeli barang atau jasa.
6.
Positive
consumer attitude ; aktualitas informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai
acuan pembaca.
Kekurangan :
1.
Mudah
diabaikan.
2.
Cepat
basi.
3.
Short
life span ; meski jangkauannya luas dan massal serta dapat didokumentasikan,
pembaca surat kabar hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit hingga 30 menit
untuk membacanya serta umumnya hanya sekali saja membacanya. Selain itu usia
informasinya hanya 24 jam setelah itu sudah dianggap basi.
4.
Clutter
; Jika isi dan tata letaknya kacau akan mempengaruhi pemaknaan dan pemahaman
isi pesan iklan oleh pembacanya.
5.
Limited
coverage of certains group ; beberapa kelompok tertentu tidak bisa dijangkau
oleh surat kabar, misal kelompok masyarakat menengah ke bawah atau masyarakat
usia di bawah 15 tahun.
6.
Products
that don’t fit ; beberapa produk tidak dapat diiklankan dengan menggunakan
surat kabar karena memerlukan demonstrasi atau memerlukan pertimbangan
tertentu.
7.
Jenis
bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi,
sehingga informasi yang diterima tidak lengkap
6.
Apa yang dimaksud dengan berita ?
Berita adalah suatu informasi yang
disajikan dengan media cetak atau media massa elektronik yang sedang terjadi
dari mulut ke mulut atau kepada pihak ketiga atau orang banyak.
7.
Jelaskan mengenai jenis media komunikasi
berserta kelebihan dan kekurangannya !
Menurut jenisnya media komunikasi dibagi
menjadi 3, yaitu :
1.
Audio = media
komunikasi massa yang disampaikan melalui suara. Contoh : radio, telephone,dll.
Kelebihan : meski berbeda tempat dan waktu, informasi juga bisa
disampaikan,harga murah, dapat menanamkna konsep yang benar, keinginan, dan
minat baru.
Kekurangan : mudah lupa dan bingung ketika disampaikan dengan cepat atau
sekilas, tidak adanya visual.
2.
Visual = media
komunikasi massa yang disampaikan melalui tayangan atau media cetak.
Contoh : koran, majalah,gambar,
spanduk,dll.
Kelebihan : dapat diterima oleh komunikan yang mengalami cacat (tuli),
informasi dapat diterima dengan mudah dan gampang dipahami.
Kekurangan : lambat, kurang praktis, tidak adanya audio, biaya produksi
cukup mahal.
3.
Audio visual =
media komunikasi massa yang disampaikan melalui suara dan tayangan. Contoh :
Televisi, internet, dll.
Kelebihan : dapat menarik perhatian lebih, menarik, terdapat audio dan
visual, informasi mudah disampaikan, mudah dalam menyampaikan informasi,
praktis, efektif dan efisien.
Kekurangan
: mahal, jika terlalu cepat maka audien akan bingung, biaya mahal dan alat-alat
pendukung juga mahal, fasilitas yang dibutuhkan untuk menyampaikan informasi
harus memadai dan lengkap.
Comments
Post a Comment